Cara Menambang Bitcoin Menggunakan Raspberry pi

Admin

Cara Menambang Bitcoin Menggunakan Raspberry pi
Hai semuanya! Ini adalah tutorial tentang cara menambang bitcoin menggunakan Raspberry Pi. Tutorial ini dibagi menjadi dua bagian (part) bagian pertama adalah Hardware berikutnya adalah bagian Software.

Pada postingan ini kita akan bahas terlebih dahulu bagian Hardware, untuk tutorial Software akan ada pada postingan berikutnya setelah postingan ini.

https://www.youtube.com/watch?v=fJSITD0sPVY

Seperti dilansir pada computers.tutsplus.com (04/04/2014), Bitcoin adalah mata uang virtual yang didirikan pada tahun 2009.

Bitcoin telah berkembang dalam reputasi selama beberapa tahun terakhir menjadi sangat populer sebagai metode untuk membayar layanan melalui internet.

Nilai tersebut telah meroket baru-baru ini berkat liputan media yang besar, baik untuk alasan positif maupun negatif.

Ada dua cara untuk mendapatkan Bitcoin yaitu dengan

  1. membeli Bitcoin dari bursa, yang merupakan proses konversi mata uang lokal menjadi Bitcoin. 
  2. Yang kedua adalah dengan cara Mining Bitcoin. Mining adalah proses verifikasi transaksi di blockchain.

Karena keseluruhan sistem Bitcoin terdesentralisasi, setiap transaksi dapat dilihat secara publik dalam apa yang disebut blockchain.

Blockchain ini berisi setiap bitcoin yang dipertukarkan antar pengguna, karena tidak ada server pusat, ia harus diatur sendiri. Inilah tugas para Miner.

Anda bisa melakukan mining Bitcoin dengan Raspberry Pi, yang perlu anda persiapkan adalah :
  • Raspberry Pi
  • Case for Raspberry Pi
  • SD Card (Class 10)
  • Powered USB Hub

Kamu bisa lihat Video Tutorialnya Disini https://youtu.be/fJSITD0sPVY

Video diatas adalah cara perakitannya. Video tutorial ini memuat durasi 7 menit 44 detik. Pada detik 00:33 - 7:55 memuat cara bahan-bahan yang perlu disediakan dan cara merakit Raspberry Pi menjadi alat mining.

Yang paling penting sebagai pertimbangan adalah terlihat kecepatan mining 2013.614 MH/s. Jika anda mining dengan kecepatan itu dengan modal membeli barang-barang diatas, apakah menguntungkan?

Dengan kecepatan 2013 MH/s menggunakan mining Bitcoin-like maka akan menghasilkan bitcoin sebesar 0.00421 BTC setiap minggu.

Raspberry Pi dibuat untuk melakukan mining Bitcoin, saya kurang tau apakah bisa digunakan untuk mining Ethereum. Jika kita mining menggunakan Raspberry Pi dengan kecepatan 2013 MH/s maka akan menghasilkan 0.17703 BTC atau setara dengan 7.541.000 Rupiah setiap minggu. Nilai pertukan Bitcoin dengan Rupiah
Admin
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari CereGompel lewat email. GRATIS!