Tips Memilih Charger yang Berkualitas dan 9 Rekomendasinya Berikut

Admin

Tips Memilih Charger yang Berkualitas dan 9 Rekomendasinya Berikut

Setiap ponsel memang sudah dilengkapi dengan charger bawaan. Meski begitu jika kamu butuh charger ponsel yang lebih canggih, kamu bisa gunakan jenis charger lainnya yang tentu berkualitas dan bisa mengisi daya baterai ponselmu lebih cepat.
Walaupun Ada Charger Reguler, Kadang Kita Butuh Charger Berteknologi Tinggi
Saat membeli smartphone, kamu pasti mendapatkan charger-nya sekaligus. Tetapi charger reguler hadir dengan spesifikasi standar, kadang tidak bisa memenuhi kebutuhan penggunanya.

Kebutuhan akan charger yang lebih tinggi membuat pengguna mencari charger lain yang tidak resmi, namun tetap berkualitas. Charger yang sering dicari adalah yang bisa memindahkan file dari PC ke smartphone Penggunaan seperti ini membuat kabel charger menjadi lebih cepat rusak.
Cara Memilih Charger yang Cocok untuk Handphone

Cek Frekuensi

Ketika kamu membeli charger, cek dulu frekuensinya. Misalnya pada charger terdapat tulisan input 100-240V~50/60Hz. Ini artinya charger tersebut bisa bekerja pada arus listrik 100-240 volt dengan frekuensi 50-60 hertz. Frekuensi standar PLN adalah 50-60 hertz. Jadi, charger ini bisa digunakan dengan aman.
Pastikan Bagian Output
Bagian lain yang harus dicek saat membeli charger smartphone adalah output-nya. Jika tertulis output 5V-2000mAh, itu adalah hasil dari input 220V. Kemudian cek berapa voltase atau tegangan baterai. Apabila tertulis 3,7V-2600mAh, maka kamu bisa menggunakan charger dengan frekuensi di atas.

Mencocokkan input dan output daya sangat penting agar tidak terjadi kelebihan tegangan saat kamu mengisi daya smartphone. Daya yang tidak cocok bisa menyebabkan smartphone cepat rusak.

Voltase atau tegangan charger smartphone juga harus disesuaikan. Ukuran voltase charger tentunya sangat penting pada waktu pengisian. Ada beberapa charger yang membutuhkan waktu lama untuk pengisian baterai karena voltase dan arus yang dikeluarkan charger sangat kecil.
Charger di Indonesia biasanya menggunakan standar PLN yaitu 220V. Sementara untuk bagian output-nya, standar yang banyak digunakan adalah 5V. Sesuaikan charger dengan kebutuhan arus smartphone, jangan sampai terlalu besar atau terlalu kecil. Biasanya voltase atau tegangan biasanya tertera di bagian adaptor charger.

Cari Tahu Merek yang Berkualitas
Karena kamu akan membeli charger lain yang bukan bawaan smartphone, pastikan kamu membeli produk berkualitas. Seperti yang kamu tahu, merek charger terkenal seperti Samsung dan iPhone banyak dipalsukan. Pilih merek yang jarang dipalsukan seperti Xiaomi, Vivan, Robot, dan sebagainya. Meski terdengar kalah pamor dengan dua produsen smartphone tadi, produk dari merek-merek itu sangat jarang dipalsukan.

Barang yang bagus dan berkualitas biasanya berbanding lurus dengan harganya. Jadi kalau kamu ingin dapat barang bagus, siapkan bujet lebih karena harganya pasti relatif lebih mahal.
Berbagai Merek Charger Handphone Terbaik yang Bisa Kamu Coba

Anker

Perusahaan yang berkantor pusat di Tiongkok ini adalah produsen aksesori smartphone terkemuka. Produk buatan Anker antara lain adalah powerbank, charger, kabel data, dan masih banyak lagi. Anker diterima dengan baik di seluruh dunia, terbukti di tahun 2015 Anker menjadi merek charger yang paling populer di Amazon.

ANKER Wall Charger PowerPort+ 1 Quick Charge 3.0 hadir dengan sistem keamanan MultiProtect yang bisa mencegah kelebihan daya dan korsleting sehingga perangkat akan tetap aman dan tahan lama. Produk ini memiliki input AC 100-240 V ~ 0.7 A 50-60 Hz. Wall charger yang satu ini memiliki efisiensi tinggi dan telah diakui oleh Departemen Energi Amerika Serikat.
Charger ini bisa digunakan di antaranta untuk smartphone Samsung Galaxy S7 / S6 / Edge / Edge Plus,
Samsung Galaxy Note 5/4 / Edge, LG G4 / G5, LG G Flex2, Nexus 6, HTC One M8 / M9, Xperia Z3 / Z3 Compact / Z3 Tablet Compact / Z4 Tablet. Produk ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 249.000.

Belkin

Belkin telah berdiri sejak tahun 1983 di Amerika Serikat dan mendapatkan reputasi positif sebagai produsen aksesori elektronik. Berkantor pusat di Los Angeles, California, kini produk Belkin telah dipasarkan di berbagai belahan dunia.
Belkin Boost Up Wireless Charging Pad adalah salah satu produknya yang paling terkenal. Charger tanpa kabel kekinian ini bisa dipakai untuk berbagai merek smartphone. Sebut saja iPhone, Samsung, LG, Sony, dan masih banyak lagi. Perangkat ini bisa mendukung pengisian daya hingga 7,5W.

Cukup letakkan handphone di atas pad, daya perangkat akan terisi dengan cepat dan otomatis. Permukaan produk ini antislip sehingga handphone yang sedang diisi dayanya tidak akan jatuh. Produk ini tersedia di Tokopedia seharga Rp 980.000 dan di Bukalapak seharga Rp 1.249.000.

Iclever

iClever sudah diakui sebagai merek aksesori elektronik berkualitas. Ragam produknya antara lain speaker, powerbank, headphone, keyboard, charger tenaga matahari, dan mash banyak lagi. Kamu yang ingin membeli charger harus mempertimbangkan merek ini, lho.
iClever 45W USB-C Wall Charger IC-WD13B adalah charger orisinal yang disertai garansi internasional 1 tahun. Perangkat ini bisa mengisi daya lebih cepat untuk Nintendo Switch, Samsung Notebook, dan masih banyak lagi. Ukurannya mini, mudah dibawa kemana-mana. Perangkat ini adalah teman bepergian yang tidak boleh dilewatkan lho.

Kabel charger memungkinkan transfer data dengan kecepatan tinggi hingga 480Mbps. Produk keren ini bisa dibeli di Tokopedia dan Jakmall seharga Rp 594.900.

Satechi

Satechi 75W Dual Type C PD Charger hadir dengan 4 port konektivitas untuk mengisi daya 4 gadget sekaligus. Perangkat ini bisa mengisi daya baterai iPhone hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit saja. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengisi daya MacBook, lho. Port yang lain dapat digunakan untuk mengisi daya smartphone atau kamera.

Ukurannya kecil dengan bobot 315 gram dan tidak akan memakan tempat di dalam tas. Produk ini tersedia di Tokopedia seharga Rp 2.000.000 dan di Bukalapak seharga Rp 2.735.000.

RavPower

Satu lagi produsen aksesori elektronik terkemuka yang layak dipertimbangkan. RAVPower yang berdiri tahun 2011 ini banyak memasarkan produknya melalui Amazon. Merek ini punya teknologi iSmart yaitu teknologi pengisian daya yang mampu mendeteksi arus pengisian optimal sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan perangkat.

Ravpower Dual Port Wall Charger 36W Rp-Pc017 adalah charger yang bisa digunakan untuk mengisi daya berbagai macam perangkat seperti smartphone dan MacBook. Kecepatan pengisiannya tidak perlu diragukan lagi, produk ini bisa mengisi daya berkali-kali lebih cepat. Dapat digunakan untuk perangkat dengan USB type C juga.

Ravpower Dual Port Wall Charger 36W Rp-Pc017 dapat dibeli di Shopee seharga Rp 733.750 atau di Tokopedia seharga Rp 779.700.

Tronsmart

Merek Tronsmart patut kamu jadikan andalan jika kamu mencari brand terbaik untuk aksesori elektronik. Apalagi kamu yang punya mobilitas tinggi dan sering berkendara, pasti butuh sekali car charger.
Tronsmart CC2TF 36W Dual Ports Quick Charge 3.0 Car Charger adalah charger mobil dengan 2 buah input yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perangkat. Dilengkapi fitur QuickCharge 3.0, bisa mengisi daya hingga 80% dalam waktu 35 menit saja. Fitur keamanan built-in juga melindungi pengguna dari overcharging dan overheating. Pengisian daya pun bisa lebih cepat dan optimal.
Produk ini dapat dibeli di Bukalapak seharga Rp 179.500 dan di Tokopedia seharga Rp 181.000.

Fuse chicken

Bicara soal merek terbaik, Fuse Chicken Universal pernah memenangkan penghargaan di tahun 2018 dan 2019. Dengan desain lipat port USB-C yang serbaguna, dapat mengisi daya secara cepat dan aman.

Salah satu produk yang layak kamu coba adalah FUSEchicken Universal All-In-One Travel Charger. Produk ini mudah dibawa kemana-mana dan dilengkapi 4 macam colokan sesuai standar EU, UK, US, dan AU. Kamu tidak perlu khawatir lagi saat harus traveling ke luar negeri.

Dilengkapi fitur Qi wireless charger sehingga kamu bisa mengisi daya secara nirkabel. Produk ini bisa dibeli di situs fusechicken.com dengan harga USD 84.95 atau sekitar Rp 1.200.000.

Aukey

Aukey adalah produsen aksesori elektronik yang berkantor di Tiongkok. Produknya telah mendapat sambutan hangat oleh lebih dari 50 negara di dunia.
AUKEY PA-Y11 USB-C Dual Port Wall Charger with Power Delivery and Quick Charge 3.0 - Hitam termasuk produk terbaik dari merek tersebut. Produk ini memiliki teknologi Power delivery and Quick Charge 3.0 sehingga pengisian daya bisa lebih cepat. Pengisian daya juga berlangsung aman karena ada fitur perlindungan sehingga handphone terlindung dari arus berlebih, terlalu panas, dan pengisian yang berlebihan. Produk ini tersedia di Blibli seharga Rp 550.000.

Spigen

Merek aksesori elektronik asal California ini punya reputasi yang positif karena semua produknya berkualitas. Produk keluaran Spigen juga selalu up-to-date, seperti wireless docking charger yang satu ini.

Spigen F303W Wireless Fast Charging Dock adalah pengisi daya dengan teknologi untuk mencegah overheating dan overcharging. Desain charger juga memungkinkan gadget bisa diposisikan secara vertikal atau horizontal saat dayanya diisi.

Perangkat ini juga disertai dengan fitur fast charging untuk gadget Samsung Galaxy S & Note Series. Praktis dan mudah dibawa ke mana-mana tanpa perlu repot dengan kabel. Spigen F303W Wireless Fast Charging Dock tersedia di Tokopedia seharga Rp 449.000 atau di Bukalapak seharga Rp 656.000.

Pilih Charger yang Sesuai dengan Jenis Smartphone

Meski saat ini ada banyak jenis charger yang bisa ditemukan di pasaran, kamu tak bisa sembarangan pilih. Jangan asal membeli charger untuk Smartphone, cocok belum tentu bisa awet. Baik untuk charger-nya sendiri, dan bahayanya juga bisa merusak komponen di handphone anda nantinya. Sebelum membeli pastikan kamu membaca label atau keterangan pada label charger dan perhatikan apakah kriterianya sesuai. Kualitas yang bagus tentunya juga sebanding dengan harga. Pilih merek charger yang memiliki reputasi bagus dan garansi yang jelas.
Admin
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari CereGompel lewat email. GRATIS!