Pengertian dan Makna Dari ROOT Android

Unknown

Pengertian dan Makna Dari ROOT Android

Bagi kalian para pengguna Android, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah “Root” bukan? Ya, istilah tersebut biasa digunakan orang bagi perangkat Android yang sudah di otak-atik sistem operasinya. Namun tahukan kalian apa arti dari Root yang sebenarnya?
Jika kalian penasaran dan ingin mengetahuinya, kalian ada di artikel yang tepat loh! Pasalnya kali ini Jurnal Apps akan membahas mengenai makna dari Root” secara singkat untuk kalian semua. Tidak usah menunggu lebih lama lagi, mari simak penjelasannya bersama-sama!

Apa itu Root?

Root sendiri merupakan sebuah istilah pada bahasa Unggris yang bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia memiliki arti akar. Dalam pengertian pada sistem operasi Android, root sendiri memiliki arti sebagai akar atau dasar dari sistem operasi Android. Dengan begitu, root memiliki makna sebagai sebuah kendali dan akses penuh yang didapatkan pengguna Android pada smartphone miliknya.
.
Secara lebih sederhana, root juga bisa diartikan sebagai sebuah proses modifikasi sistem operasi Android sehingga pengguna memiliki akses tanpa batas di sistem operasi Android. Dengan memiliki akses tersebut, ini berarti pengguna dapat melakukan perubahan, baik menambah, menghapus, ataupun merusak elemen-elemen yang ada di dalam sistem operasi Android.

Root sendiri sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Sebagaimana yang sudah dibahas di atas, salah satu kelebihan utama dari smartphone yang sudah di root adalah akses penuh untuk memodifikasi Android sesuai dengan keinginannya, bahkan untuk melakukan modifikasi sistem yang tidak bisa dilakukan oleh pengguna biasa. Namun dengan melakukan proses root maka seluruh garansi yang dierikan Android akan hilang, Kelebihan dan kekurangan root lainnya akan dibahas di artikel selanjutnya secara lebih mendetil.

Jika ponsel Android kita sudah di root, kita akan mendapatakan “superuser” yang mana akun adminisrator tersebut membuat pengguna Android dapat mengkustomisasi sistem yang tidak dapat dilakukan oleh user biasa.

Lalu, mana yang lebih baik? root atau tidak?

Ini merupakan pertanyaan yang cukup banyak diyantakan oleh para pengguna. Jadi, jika kalian hanya merupakan user biasa yang hanya menggunakan smartphone secara wajar dan tidak suka meng”otak-atik”nya, sebaiknya kalian tidak perlu memikirkan cara untuk melakukan Root. Sebaliknya jika kalian cukup tertarik untuk mengetahui sistem operasi Android secara lebih dalam, mencoba melakukan root mungkin merupakan sebuah pilihan yang tepat. Karena dengan pengaturan yang tepat, maka melakukan rooting bisa meningkatkan kinerja smartphone menjadi lebih maksimal. Yang lebih penting, kenali dulu minimal hal-hal dasar sebelum melakukan rooting agar smartphone kalian bisa terhindar dari berbagai masalah.
Unknown
Load comments
Dapatkan update artikel terbaru dari CereGompel lewat email. GRATIS!